Printer Canon IP 2770 adalah salah satu printer Best Seller, karena harganya yang terjangkau lebih murah daripada printer bagus yang lainnya. Printer Canon IP 2770 ini termasuk printer terfavorit dikalangan siswa sekolah, mahasiswa, guru dan lain lain.

Meskipun printer ini termasuk printer yang Best Seller, tapi pasti ada problem yang terjadi pada printer ini. Printer ini akan memberikan kode berupa kode kedip (blinking error code) yang berwarna orange dan hijau jika mengalami masalah. Apa saja kode error dibalik Printer Canon IP 2770 yang nge-blink tersebut? Nah, silahkan anda simak dalam pembahasan singkat berikut.
Hal yang paling umum terjadi adalah, ketika printer baru dinyalakan lampu green (hijau) nyala penuh tanpa berkedip . Namun kemudian ketika dipakai untuk print baru berkedip dan disertai jendela peringatan di layer monitor anda seperti ilustrasi dibawah ini, berarti printer melaporkan bahwa tinta cartridge anda diduga telah habis.
Kasus ini hanya terjadi setelah pemasangan cartridge baru atau pengisian ulang dengan cartridge original. Perhitungan waktu habisnya tinta ini didasarkan pada jumlah pemakaian printer dan proses maintenance (cleaning dan deep-cleaning) yang telah dilakukan. Jadi terkadang pelaporan bahwa tinta printer telah habis tidak selalu sama dengan kondisi real. Apalagi jika printer anda telah menggunakan infus tinta.
Solusinya : Sesuai yang teretera dalam jendela peringatan di monitor anda, silahkan tekan tombol Resume (kertas) minimal 5 sampai 10 detik kemudian lepaskan.

Selain hal diatas, ada beberapa kode error yang perlu anda ketahui, bisa dibaca berdasarkan jumlah kedip lampu indikator sebagai berikut:

  • 3x orange dan 1x hijau.
    Artinya : Ada kerusakan di mekanik printer.
    Solusi : Dalam kasus ini sebaiknya anda membawa printer anda ke service printer canon. Untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya. Anda bisa browsing di google untuk keywordnya Service Printer di Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya. Atau bisa klik disini.
  • 4x orange dan 1x hijau.
    Artinya: Printer absorber full, bagian pad tinta pentu (Waste Ink Pad Full)
    Solusi : Printer anda perlu di reset dengan software seperti diatas.
  • 5x orange dan 1x hijau.
    Artinya: Cartridge warna atau hitam telah rusak.
    Solusi : Cek cartridge di printer bertipe sama yang lain, kemudian ganti cartridge warna atau hitam yang rusak.
    NB : Kerusakan cartridge bias disebabkan oleh banyak hal, antara lain : chip IC rusak, kotornya konektor, korslet karena tinta, dll. Cek cara merawat printer disini
  • 7x orange dan 1x hijau.
    Artinya : Cartridge warna rusak.
    Solusi : Ganti cartridge warna.
  • 8x orange dan 1x hijau.
    Artinya : Ink tank full
    Solusi : Printer anda perlu di reset dengan software general tool resetter.
  • 14x / 15x orange dan 1x hijau.
    Artinya : Cartridge hitam rusak.
    Solusi : Ganti cartridge hitam.
  • 13x / 16x orange dan 1x hijau.
    Artinya: cartridge tidak terpasang dengan benar, akan muncul gambar cartridge seperti terlepas ke atas pada layar monitor pada saat akan mencetak dokumen.
    Solusi: tekan dan tahan tombol resume kurang dari 10 detik
Demikian penjelasan mengenai beberapa kode error yang terjadi pada printer Canon IP 2770 dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat untuk anda. Jika anda masih bingung anda bisa mencari informasi lanjutnya disini


Categories: Printer